Hal Yang Perlu Diketahui Ketika Beriklan di Facebook Ads

Setiap audience yang berinteraksi dengan iklan yang kita jalankan adalah sebuah data. Data ini bisa Anda lihat dari setiap akun yang berinteraksi. 

Kebiasaan/aktifitas mereka di facebook bisa kita pelajari dan kemudian kita olah menjadi targeting di iklan-iklan selanjutnya.

Kali ini saya akan membahas tentang hal penting apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum beriklan di facebook.

 

1. Persiapkan Produk

Hal ini paling penting karena untuk menjalankan iklan, kita perlu menentukan tujuannya terlebih dahulu. Umumnya tujuan beriklan adalah untuk menawarkan sebuah produk. Jadi, sebelum Anda mulai beriklan silahkan persiapkan produk yang akan Anda tawarkan.

Jika belum menyiapkan produk, silahkan cek email-email saya sebelumnya.

Oiya, untuk Anda ketahui bahwa tidak semua produk bisa Anda iklankan. Produk dewasa dan yang melanggar undang-undang tidak boleh di iklankan. Aturan ini sudah dijelaskan detail dalam TOS Facebook. Jika Anda melanggarnya, akun iklan Anda akan di disable bahkan terkena Ads Manager Error ( AME ).

Anda bisa membacanya disini => https://www.facebook.com/policies/ads

 

2. Buat Fanpage

Fanpage adalah sebuah halaman seperti blog yang digunakan untuk menyediakan informasi sesuai dengan tujuan pemiliknya. Sudah banyak perusahaan, artis, komunitas dan bahkan pemain toko online yang menggunakan fitur ini.

Fungsi fanpage adalah untuk mengumpulkan prospek ( fans ) sebanyak-banyak yang nantinya akan dikirimkan konten marketing yang tujuannya untuk menghasilkan penjualan. Fanpage wajib Anda miliki sebelum menjalankan iklan.

Belum punya fanpage ?

Silahkan baca tulisan sebelumnya DISINI, sudah saya jelaskan bagaimana cara membuatnya.

 

3. Buat Akun Iklan Anda

Tahun 2013, pada saat saya mulai belajar beriklan, facebook hanya menyediakan metode pembayaran melalui kartu kredit dan paypal saja. Hal ini terjadi karena facebook masih menyasar pengiklan yang berada di negaranya.

Tapi berjalannya waktu akhirnya facebook mulai mendukung para pengiklan dari negara lain, salah satunya Indonesia. Di Indonesia, facebook sudah menyediakan metode transfer melalui Bank lokal (ATM Bersama). Metode pembayaran ini sangat cocok digunakan bagi pemula yang ingin mulai jualan online.

Belum punya akun iklan facebook ?

Silahkan baca panduannya disini
=> Cara Membuat Akun Iklan Bank Lokal (ATM Bersama)

 

4. Siapkan Budget Iklan

Ketika Anda sudah siap melakukan strategi online marketing, Anda harus siap dengan istilah PAY TO PLAY. Anda harus menganggarkan biaya untuk beriklan di facebook.

Untuk permulaaan Anda bisa menyiapkan budget 1,5jt per bulan. Biaya ini nantinya digunakan untuk melakukan split test dan anggap saja ini biaya belajar yang harus Anda keluarkan setiap bulan. Dengan begitu Anda bisa menghitung berapa target penjualan yang harus Anda kejar untuk menutup biaya belajar ini.

Besok saya akan membahas tentang MINDSET yang harus ada ketika Anda mulai beriklan dengan Facebook Ads.