7 Faktor Kenapa Produk Anda Tidak Laku-Laku

Mas Agus, produk saya kenapa ga laku-laku juga ya ?

Kata-kata diatas adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan ke saya, baik melalui inbox, Group Whatsapp, maupun Group Telegram.

Begini, saat kita jualan online kita ga bisa asal jualan gitu aja, cuma upload foto produk, spesifikasi, kasih harga, nomor HP, promosi, terus ditinggal begitu aja.

NO !!!

Ternyata dalam berjualan online ada hal-hal yang perlu kita perhatikan supaya jualan kita bisa laris manis.

Dulu saya juga pernah merasakan seperti Anda yang bingung kenapa produk ga laku-laku, padahal sudah promosi di sana sini.

Setelah saya belajar kesana kemari, akhirnya saya menemukan insight bahwa dalam berjualan online ada faktor-faktor yang memang harus kita ketahui, bahkan nantinya juga harus kita kuasai. Simak penjelasannya ya.

1. Trend

Banyak dari pemula yang berjualan online melakukan kesalahan ini, yaitu berjualan produk yang tidak banyak dicari orang atau sudah out of trend. Cara paling mudah riset produk bisa dengan melihat produk yang sedang menjadi hot list di Tokopedia.

2. Diferensiasi

Cobalah buat pembeda antara toko online Anda dengan toko online sejenis. Carilah kekurangan kompetitor dan gunakan itu menjadi kelebihan toko online kita nantinya. Diferensiasi bisa dilakukan melalui pelayanan CS yang ramah, kecepatan pengiriman, kemasan produk, banyaknya bonus untuk pembeli, dll.

3. Targeting

Sebelum mulai melakukan promosi, kita harus tau dulu secara detail siapa calon pembeli tertarget kita. Kita harus tau dimana mereka biasanya berkumpul, media sosial apa saja yang mereka gunakan. Bahkan yang paling ekstrim kita harus tau berapa rata-rata pendapatan mereka per bulan.

4. Copywriting

Copywriting biasanya berbicara tentang bahasa iklan yang digunakan. Bahasa yang digunakan harus sesuai dengan bahasa yang biasanya digunakan oleh target market Anda. Copywriting adalah salah satu teknik online marketing untuk mempengaruhi target market hanya dengan melalui tulisan.

5. Gambar

Dalam berjualan online, visualisasi itu sangat penting, karena ini yang akan mempengaruhi ekspektasi target market terhadap produk kita. Berikanlah foto produk terbaik, tetapi tidak perlu banyak editan. Tanpa editan lebih baik, supaya lebih terlihat natural.

6. Harga

Kebiasaan pembeli di internet adalah ingin mendapatkan barang semurah-murahnya. Nah, coba Anda cek apakah harga di toko online Anda sudah sesuai dengan harga pasar atau belum. Jangan sampai harga Anda paling mahal dibandingkan kompetor Anda.

7. Follow up

Faktor yang terakhir, tetapi juga paling penting yaitu bagaimana cara kita melakukan follow up calon pembeli. Follow up biasanya dilakukan jika calon pembeli tidak melakukan transfer pembayaran, tidak memberikan alamat pengiriman, dll. Follow up sangat penting dilakukan demi kecepatan transaksi. Jika transaksi semakin cepat dilakukan kita bisa fokus kepada calon pembeli yang lainnya.


KEMBALI KE SEMUA MATERI