Belajar SEO Bagian 1

Sebelum masuk ke materi, saya akan memberikan pengenalan dasar mengenai SEO. Hal ini dilakukan  supaya Anda mengerti terlebih dahulu teori dasarnya sebelum menggunakan tools maupun plug in SEO yang ada saat ini.

Apa Itu SEO ?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization  atau dalam bahasa Indonesia sehari – hari biasa disebut dengan Optimisasi mesin pencari . SEO adalah suatu proses yang dilakukan secara sistematis dan bertujuan untuk meningkatkan banyaknya dan kualitas trafik kunjungan melalui sebuah mesin pencari ( search engine ) menuju situs web dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut melalui kata kunci tertentu . Salah satu contoh mesin pencari yaitu, Google, Yahoo, Bing, dsb. Pada private SEO Online ini, kita akan menerapkan pada salah satu mesin pencari terbesar saat ini, yaitu Google.

Tujuan SEO

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung, yang nantinya juga akan berpeluang terhadap konversi penjualan bisnis online Anda.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Apakah Teknik SEO Berbahaya Bagi Website?

Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik ilegal jika dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan manfaatnya bagi pengguna internet.

Perkembangan SEO Dalam Bisnis

Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!Bing, dan mesin pencari lain.

Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi bisnis yang melakukan pemasaran via internet:

  1. Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
  2. Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.

Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara langsung dari hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari iklan yang ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO sehingga alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil pencarian organik masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada mesin pencari tersebut.

Pada Google, pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Google AdWords. Google AdWord menerapkan mekanisme pay per click atau bayar per klik, artinya untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, pemasang iklan akan dikenakan biaya, yang besarnya berbeda-beda tergantung pada proses lelang (bidding) kata kunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.