Belajar SEO Bagian 2

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization  atau dalam bahasa Indonesia sehari – hari biasa disebut dengan optimisasi mesin pencari ,yaitu suatu proses yang dilakukan secara sistematis dan bertujuan untuk meningkatkan banyaknya dan kualitas trafik kunjungan melalui sebuah mesin pencari ( search engine ) menuju situs web dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut melalui kata kunci tertentu .

Trafik dalam suatu website merupakan  sebuah angka yang berisi informasi tentang jumlah pengunjung yang mengunjungi web/blog kita setiap harinya. Dengan semakin besarnya trafik website kita, semakin besar pula kesempatan yang dapat kita gunakan dalam berbisnis online nantinya. Bisa Anda bayangkan jika Anda memiliki trafik dengan total 1000 pengunjung per harinya, kita ambil saja asumsi bahwa akan ada 10% pembeli dari total pengunjung website Anda.

Lalu bagaimana caranya menghasilkan trafik yang besar untuk website kita ??? Disinilah teknik SEO bekerja. Dengan kemampuan teknik SEO yang akan kita miliki nantinya, diharapkan Anda dapat menghasilkan trafik yang melimpah untuk binis online Anda.

Secara sederhana teknik SEO dibagi menjadi 2 bagian yaitu teknik SEO On Page dan teknik SEO Off Page.

1. SEO On Page

SEO On page merupakan sebuah teknik SEO yang optimasinya dilakukan secara langsung pada halaman website itu sendiri.

Cara mengoptimasinya antara lain dengan cara :

  1. Memilih nama domain yang sesuai dengan keyword ( kata kunci ) yang ditargetkan
  2. Memilih kata kunci pada judul blog maupun pada postingan
  3. Pemasangan keyword meta tag blog

Menggunakan template yang SEO friendly supaya bot mesin pencari lebih mudah dalam melakukan crawl pada struktur blog/ web tersebut dan meminimalisir penggunaan script pada website

2. SEO Off Page

SEO Off Page merupakan sebuah teknik SEO yang dilakukan secara tidak langsung pada website, fungsinya adalah untuk memberikan reputasi yang baik di mata mesin pencari, supaya blog kita lebih cepat terindeks.

Cara mengoptimasinya antara lain dengan cara :

  1. Mendaftarkan website ke web directory
  2. Submit RSS feed
  3. Mendaftarkan website ke search engine
  4. Submit sitemap pada webmasters google
  5. Submit artikel website ke social bookmarking
  6. Submit artikel Anda ke sosial network ( Facebook, Twitter, G+)