Belajar SEO Bagian 4

SEO OFF PAGE

Setelah melakukan settingan SEO On Page, langkah selanjutnya dalam membangun pondasi  SEO adalah dengan melakukan teknik SEO Off Page. Teknik SEO Off Page sangat bermanfaat untuk memaksimalkan blog/website kita agar memiliki nilai lebih dimata mesin pencari Google.

Untuk domain blog utama yang sudah kita buat berdasarkan hasil riset kata kunci, silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini ( Wajib dilakukan ) :

  1. Submitting
    Satu hal yang perlu dilakukan terhadap domain utama dan hanya dilakukan sekali saja atau bisa diulang per 2 bulan adalah mendaftarkan blog kita di beberapa mesin pencari populer.Tugas Anda adalah membuka alamat http://www.submitexpress.com dan memilih Free Website Submission. Silahkan isi form yg ada dan daftarkan domain blog anda, biasanya untuk google dan bing diperlukan manual submitting tinggal klik saja link yang disediakan ketika pemberitahuan submit blog selesai.
  2. Mendaftarkan RSS Feed Anda
    Dengan mendaftarkan RSS Feed biasanya blog Anda nanti secara otomatis bisa memberitahukan ketika ada perubahan (semacam auto ping).Buka halaman http://www.imtalk.org/cmps_index.php?pageid=IMT-RSS-Submitter (lakukan registrasi jika diperlukan) .Untuk mengetahui link RSS Blog kita tinggal lihat dibagian bawah blog kita (untuk blogspot cari tulisan ini : Subscribe to: Posts (Atom) dan copy linknya – contoh : http://wisatakulinerbalikpapan.blogspot.com/feeds/posts/default
  3. Lakukan Pengindex-an
    Buka http://indexkings.com dan pilih menu “Rapid Indexer” masukan domain kita dan klik rapid index dan biarkan sampai selesai. Masukan domain utama blog kita, masukan juga keyword yang kita bidik dan pilih 3005 untuk limit number.
  4. Buka http://statscrop.com dan masukan domain blog kita tanpa http://
  5. Jangan Lupa daftarkan blog anda di google.com/webmasters/tools.

Lanjutkan dengan membuat artikel baru dengan menggunakan pilihan kata kunci hasil riset atau kata kunci turunan untuk dijadikan judul dan topik artikel. Perhatikan dengan baik panduan penempatan anchor link seperti dibawah ini :

  1. Buatlah artikel sebagus mungkin dan unik, minimal 350 kata.
  2. Anchor Link Pertama mengarah ke domain utama yang kita bidik.
  3. Anchor link kedua mengarah kepada link artikel pertama.

Untuk contoh hasil dari penempatan anchor link diatas silahkan cek pada artikel blog saya : http://wisatakulinerbalikpapan.blogspot.com/2013/02/ciri-khas-kuliner-balikpapan.html

Kemudian untuk artikel pertama yang telah kita buat lakukan langkah-langkah dibawah ini:

  1. Setelah selesai membuat artikel biasakan membuka http://pingomatic.com dan lakukan ping untuk artikel kita.
  2. Share link artikel Anda di Twitter dengan memanfaatkan tombol share twitter.
  3. Share link artikel Anda di Google+.
  4. Share link artikel Anda di Facebook
  5. Lakukan pengindex-an di http://indexkings.com dan pilih rapid index kemudian check pilihan complex URL dan klik rapid index.
  6. Buka Url http://wwwcf.fhwa.dot.gov/exit.cfm?link=alamatbloganda.blogspot.com

Untuk materi kali ini diharapkan Anda memiliki kemampuan :

  1. Mampu membuat Artikel yang bagus dan SEO Friendly.
  2. Mampu membangun Internal Link Building.
  3. Menguasai teknik SEO Off Page yang baik dan benar.