Cara Memulai Jualan Online Bagian 1

Bagi para pemula yang ingin berjualan online pasti akan merasa kesulitan saat ingin memulainya. Hal ini lumrah, karena saya juga pernah mengalaminya sendiri. Kesulitan yang dihadapi biasanya karena tidak tahu harus melakukan apa dan darimana harus memulainya.

Banyak yang bilang kalo jualan online itu gampang. Untuk saat ini memang benar, tapi tidak pada saat saya memulainya dulu. Saat ini berjualan online memang sangat gampang, karena sekarang sudah banyak sekali media sosial, forum jual beli dan marketplace yang bisa kita jadikan sebagai sarana promosi produk yang kita jual.

Berbeda sekali saat saya mulai jualan online dulu. Belum ada yang namanya marketplace seperti sekarang ini. Semua aktifitas jualan saya hanya mengandalkan forum jual beli saja, itupun harus sering melakukan promosi dan update konten. Ditambah lagi saat itu belum banyak orang yang ingin membeli barang melalui online, karena sudah banyak sekali kasus penipuan toko online. Pembeli sudah melakukan transfer pembayaran, tapi barang tidak dikirim-kirim, bahkan pembeli tidak ada kabar. Pokoknya cara jualan saat saya memulai itu boleh dibilang sangat susah.

Kendala lain saat itu adalah minimnya informasi bagaimana cara mencari supplier. Saat memulai jualan online, produk yang saya jual biasanya adalah barang-barang saya yang sudah tidak terpakai. Kadang ada teman yang punya barang tidak terpakai dan minta kepada saya untuk dijual secara online.

Jika melihat kondisi yang terjadi saat ini, sepertinya sudah tidak ada lagi masalah dalam hal mencari supplier. Karena saat ini kita bisa mencari supplier di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kita hanya cukup mengunjungi website mereka dan mencari produk yang akan kita jual.

Walaupun sudah banyak sekali supplier di marketplace, kita tetap perlu memilih dan memilah mana supplier yang benar-benar dapat membantu bisnis kita. Cara mencari supplier yang benar akan saya jelaskan di materi lain, sehingga Anda bisa berjualan online dengan aman tanpa takut merasa ditipu oleh pemilik barang ( supplier).


KEMBALI KE SEMUA MATERI