Cara Memulai Jualan Online Bagian 2

Jika saat ini Anda belum tahu ingin menjual produk apa secara online, atau bingung bagaimana mencari produk yang laris dan berkualitas, tidak perlu modal besar, dan malas mengurus masalah pengiriman barang, maka Anda bisa coba jualan produk dengan sistem dropship.

Dengan sistem dropship, kita bisa menjual berbagai macam produk fisik yang laris dan bisa dijual secara online. Keuntungan yang kita dapat adalah dari selisih antara harga jual kepada pembeli dengan harga modal dari supplier.

Misalnya berjualan sepatu secara online dengan harga jual ( end user ) sebesar Rp450.000 dan harga modal dari supplier Rp350.000.

Maka keutungan yang Anda dapatkan adalah 450.000 dikurangi 350.000, yaitu 100.000. Jadi keuntungan Anda adalah 100.000 dan ini baru 1 pcs. Bayangkan jika Anda dapat menjual lebih banyak atau menjual produk yang berbeda. Untuk masalah keuntungan sebenarnya fleksibel, biasanya 20% sampai dengan 30%  bahkan lebih, tergantung bagaimana cara kita berjualan.

Bagi pemula yang ingin berjualan online, saya sangat merekomendasikan untuk berjualan dengan sistem dropship karena kita tidak perlu stock barang dan tidak perlu mengurus soal pengiriman. Tugas Anda sebagai dropshipper ( orang yang menjalankan sistem bisnis dropship ) hanya melakukan promosi produk dan mencari pembeli saja.

Menjadi dropshipper adalah langkah paling tepat bagi seorang pemula, Anda hanya perlu melakukan promosi produk melalui marketplace, media sosial ataupun forum jual beli online. Sistem dropship akan sangat menguntungkan Anda, karena masalah stock & pengiriman barang akan dikerjakan oleh supplier Anda.

Sedikit tips sederhana dari saya, carilah supplier yang benar-benar supplier. Maksudnya bagaimana tuh mas ? Nanti akan saya jelaskan di materi lain. hahaha

Dalam hal mencari supplier perhatikan juga kota dimana supplier mengirim barang. Carilah supplier yang berada di kota besar seperti Jakarta dan Bandung, karena biasanya disana pusatnya distributor barang. Perhatikan juga reputasi dan kecepatan respon dari supplier, jangan sampai kita dibuat lama menunggu oleh supplier. Selain itu Anda bisa coba kontak terlebih dahulu supplier tersebut, apakah produk mereka tersedia dalam jumlah yang banyak dan apakah mereka dapat mengirimkan data stock secara berkala kepada kita.

Materi lengkap mengenai cara berjualan sistem dropship akan saya jelaskan di materi lain.


KEMBALI KE SEMUA MATERI